adsense

Senin, 21 Maret 2016

Tips Cara Menghilangkan Panas Setelah Memegang cabai

Kenapa Cabai Pedas
Rasa pedas cabai cukup digemari oleh banyak orang, sebetulnya ketika kita memakan cabai akan timbul semacam iritasi ringan yang disebabkan oleh zat yang bernama kapsaisin/ capsaisin. Capsaisin inilah penyebab rasa pedas pada cabai, Capsaisin sendiri merupakan sejenis zat kimia yang menimbulkan sensasi panas seperti terbakar pada reseptor syaraf tertentu. Namun justru hal ini yang membuat orang menggemari cabai dengan rasa pedasnya.
Rasa pedas cabai bukan hanya bereaksi dimulut saja, reaksi pedas cabai juga bisa berakibat pada kulit, hal ini sering terjadi pada saat kita memegang cabai baik saat memotong cabai atau memakan cabai. Reaksi terbakar pada cabai bereaksi pada tangan kita, bahkan bisa jadi ketika kita mengusap mata mata kita akan ikut pedih.
Cara mengatasi Tangan Pedas  Akibat Terkena Cabai.
Ada beberapa hal yang umumnya dilakukan orang saat tangan terkena cabai dan kita akan memberi sedikit penjelasan.
Mencuci Tangan dengan Sabun
Mencuci tangan lalu mengusap dengan sabun bisa mengurangi rasa panas pada tangan yang terkena cabai, jika sabun yang kita gunakan mengandung susu, sama halnya dengan meminum susu, yogurt atau memakan ice cream saat kepedasan, akan secara efektif menghilangkan kepedesan.

Membilas Tangan dengan Yogurt/ Susu
Cara ini sama dengan sabun, akan bereaksi secara efektif namun sangat sayang jika susu atau yogurt kita gunakan untuk cuci tangan.

Mencuci Tangan dengan Air Hangat
Memcuci tangan dengan air hangat bisa menetralisir rasa panas akibat cabai, namun sebaliknya jika mencuci tangan dengan air dingain tangan akan terasa sejuk namun setelah berhenti rasa panas akibat kapsaisin akan kembali lagi.

Mengusap tangan dengan Beras.
Beras memiliki kemampuan menyerap rasa panas pada tangan kita, caranya cukup siapkan beras pada baskom lalu usap usap sabil diremas remas.

empat hal diatas cukup efektif untuk menghilangakan panas akibat kecabaian atau yang disebut dengan istilah rawiten atau rawitan  ada beberapa pendapat dengan menggunakan tomat atau saus tomat, cara tersebut tidak efektif karena cukup air hangat, sabun dan beras bisa menghilangkan rasa panas akibat terkena cabai.
    Tips Cara Mengusir Laron tanpa racun serangga 
    Penjelasan alasan Menggoyang Kendaraan Saat Mengisi BBM (tips mengisi BBM)
    Toples udah di tutup semut tetap masuk, gimana ya caranya??? -

      0 komentar:

      Posting Komentar

      luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

      BERITA TERHANGAT